Sampah#16: Dinamika manusia

Perubahan manusia adalah hasil dari fungsi waktu terhadap prioritas dan pengetahuan

Advertisements

Change is the law of life. And those who look only to the past or present are certain to miss the future. — J.F. Kennedy

Manusia pasti berubah. Aku mungkin bukan seperti aku yang kamu kenal tiga tahun yang lalu, dan kamupun begitu. Perubahan itu keniscayaan. Dia adalah hasil dari fungsi waktu terhadap prioritas dan pengetahuan.

Prioritas dan pengetahuan sangatlah terhubung erat. Prioritas mendorong seseorang untuk melakukan apa yang dia lakukan, pengetahuan menentukan bagaimana dia melakukannya. Di lain sisi, pengetahuan berimbas langsung dalam penentuan prioritas. Pastilah prioritas antara peneliti di CERN, pegiat lingkungan hidup, dan petani tebu di desa saya sangatlah berbeda. Yang satu berteori tentang partikel yang tak kasat mata, satu lagi mencari cara menyelamatkan satwa dari kebakaran hutan, dan lainnya berpikir keras bagaimana agar panen kali ini berhasil.

Waktu, tentu saja menjadi sebuah kontinum dimana prioritas berganti-ganti dalam rentang hidup seseorang. Waktu adalah kanvas panjang dimana titik-titk sejarah seseorang terlukis. Tanpa fungsi waktu, tidak akan ada perubahan. Perubahan itu ada karena ada perbandingan antara satu masa dan masa yang lain.

Pada akhirnya, perubahan adalah proses tanpa henti selama manusia masih “memiliki” waktu. Namun, apakah proses itu kearah kurva negatif ataukah positif? Aku, kamu dan waktu pasti tahu jawabnya. Entah.

Image credit: http://thermal.gg.utah.edu/tutorials/matlab/peaks.png

2 thoughts on “Sampah#16: Dinamika manusia”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s