Me vs UK Student Visa

Setelah setahun yang lalu berkesempatan untuk apply visa US, alhamdulillah sekarang nambah lagi satu koleksi sticker di pasport yaitu UK student visa, karena tahun pertama saya di program DESEM dari Erasmus Mundus adalah di University of St. Andrews. Baru pertama kali dengar tentang University of St Andrews? then you’re not alone! Kalau mengikuti the royal wedding kemarin pasti pernah dengar tentang universitas ini karena disinilah kedua mempelai bertemu untuk pertama kalinya.

Syarat dan ketentuan aplikasi visa UK bisa dilihat di website resmi UK Border Agency untuk Indonesia. Rajin-rajin mengecek website ini karena peraturan keimigrasian sering sekali berubah. Kalau pas apply visa US kemarin saya mendapat lumayan banyak informasi dari pengalaman applicant yang dishare di internet, namun tidak begitu dengan aplikasi visa studi di UK. Hanya ada beberapa saja yang berhasil saya temukan, hanya sekitar dua atau tiga kalau tidak salah ingat.

Secara garis besar proses permohonan visa studi UK adalah berikut:

  • Mengisi formulir online
  • Menyerahkan dokumen yang diminta sekaligus membayar biaya biaya pembuatan visa, yang saat itu (agustus 2012) sebesar IDR 4480.000.
  • Melakukan pencatatan data biometric (foto dan sidik jari).
  • Menunggu dan berdoa

Untuk visa studi di UK yang digunakan adalah visa Tier 4 (General) yang penilaiannya berdasarkan sistem poin atau point based system yang didasarkan pada dokumen yang diserahakan. Jadi jika ingin mendapatkan visa studi ini maka nilai yang diperoleh harus maksimal 40 poin.

Formulir Online

Tidak ada yang istimewa dengan form pengisian ini, yang jelas isilah dengan selengkap-lengkapnya dan sebenar-benarnya. Dan ada satu formulir lagi yang harus diisi yaitu VAF9 Appendix 8: Tier 4 (General) yang link nya berada di sebelah kanan laman tentang aplikasi visa Tier 4 (General)

appendix 8
Formulir appendix 8 yang juga harus diisi

Setelah selesai mengisi keduanya jangan lupa mencetak kedua formulir tersebut.

Dokumen Yang Diperlukan

Menurut web UKBA, dokumen yang diperlukan untuk Tier 4 Student Visa ada 2 saja, bukti kalau sudah diterima di salah satu universitas UK (30 poin) dan bukti kecukupan finansial selama masa studi di UK (10 poin) . Dan dari sinilah perjalanan mulai menarik.

Pada awalnya saya hanya ada di reserve list untuk program DESEM dan sebenarnya juga sudah hampir ikhlas kalau bukan rejeki tahun ini. Baru bulan Juni 2012 saya dapat offering dari consortium dan itu pun dengan syarat saya harus mengambil test IELTS lagi akibat ada nilai satu section yang masih kurang. Akhir juni setelah nilai IELTS keluar (yg alhamdulillah nya pas di garis batas) saya pun dinyatakan unconditionally admitted.

Lalu setelah dinyatakan unconditionally admitted apakah bisa langsung apply student visa UK? Ternyata tidak, unconditional offer letter tidak bisa dijadikan sebagai bukti dokumen sudah diterima di universitas UK. Saya harus menunggu satu proses lagi yang hanya bisa dilakukan oleh universitas tempat saya akan belajar di UK, yaitu memproses CAS (Confirmation of Acceptance for Study) yang nantinya akan dikirimkan melalui email karena yang dibutuhkan hanyalah nomor referensinya saja. Pemrosesan CAS ini biasanya memakan waktu 5 hari kerja setelah dinyatakan unconditionally admitted, tapi karena mungkin saking banyaknya mahasiswa yang diproses, total waktu sampai CAS turun sekitar 2 mingguan. Adapun dokumen pendukung CAS yang perlu dibawa ke application center biasanya sudah dicantumkan di dalam email CAS tersebut.

Selanjutnya, sebagai bukti kecukupan financial dapat di cantumkan surat resmi dari sponsor, kalau menerima beasiswa, atau bank statement (rekening koran) kalau dengan dana pribadi. Untuk besaran dana yang harus ada di rekening tergantung dimana universitas berada. Jika di London dan sekitarnya adalah GBP 1000 (biaya hidup sebulan) x 9 bulan + tuition fee + accommodation fee. Sedangkan untuk luar London, Scotland misalnya total yang harus disediakan adalah GBP 780 x 9 + tuition fee + accommodation fee. Dan uang sejumlah tersebut harus sudah berada di rekening lebih dari 28 hari sebelum penyerahan dokumen. Panduan lengkap ada di dokumen Tier 4 policy guidance.

Secara umum dokumen-dokumen yang perlu dibawa ke application centre adalah:

  • Print out formulir online.
  • Form appendix 8 yang sudah terisi lengkap.
  • CAS
  • IELTS asli dan copy
  • Transkript (Indonesia & Inggris) asli dan fotocopy (legalisir sebaiknya).
  • Ijazah (Indonesia & Inggris) asli dan fotocopy (legalisir sebaiknya).
  • Passport yang masih berlaku biasanya lebih dari 6 bulan.
  • Foto ukuran 3.5×4.5 cm
  • Kartu Keluarga (Indonesia & Inggris) asli dan fotocopy (legalisir sebaiknya).
  • Akte kelahiran (Indonesia & Inggris) asli dan fotocopy (legalisir sebaiknya).
  • Fotocopy KTP
  • Booking pesawat.
  • Rekening koran atau surat dari sponsor.
  • Surat keterangan kerja (kalau ada).

Kesalahan saya waktu itu adalah menyiapkan dokumen-dokumen pendukung setelah CAS diterima,  dan itu amat sangat memakan waktu sekali karena ijazah, transkrip, kartu keluarga dan akte harus dikirim dari rumah dan kemudian di terjemahkan di penerjemah tersumpah. Akhirnya saya menyerahkan dokumen-dokumen saya tanggal 2 Agustus 2012 dan paling lambat tanggal 9 September saya harus sudah berada di St Andrews, agak mepet dan lumayan membuat deg-degan memang, belum lagi dengan urusan kantor yang harus diselesaikan. Moral of the story: Siapkan semua dokumen sedini mungkin, sooner better!

Penyerahan Dokumen

Berbeda dengan kedutaan AS, dokumen aplikasi visa UK ditangani oleh VFS. Untuk penyerahan dokumennya sendiri pada waktu itu, Agustus 2012, bisa langsung datang ke kantor VFS di Plaza Asia (ABDA) lt 22, di kawasan Jl. Jendral Sudirman, senayan, persis di seberang fx. Sekarang menurut peraturan yang baru sepertinya diwajjibkan untuk membuat online appointment terlebih dahulu.

Disana kelengkapan dokumen akan diperiksa, jika dirasa ada yang kurang biasanya akan diberitahu  dan diminta melengkapi. Kasus yang paling banyak biasanya masalah foto, foto yang diserahkan harus yang belum pernah dipakai dan dirasa paling current, namun tidak perlu khawatir karena di luar ruangan VFS terdapat photo booth dan juga tempat fotocopy yang siap melayani dengan biaya yang agak sedikit mahal tentunya.

Setelah dokumen dan pembayaran visa beres, selanjutnya adalah pencatatan data biometric yang simply hanya foto dan sidik jari saja, setelah itu you are free to go, tanpa ada wawancara lebih lanjut.   Proses visa nya sendiri kira-kira memakan waktu 3 minggu, normalnya. Dan inilah proses yang paling mendebarkan, menunggu dan berdoa 😀

Yup, dan 3 minggu kemudian passport beserta visa sudah bisa diambil kembali. Voila inilah penampakan student visa UK.

UK student visa
UK student visa

Semoga tulisan ini membantu, and good luck 🙂

Advertisement

27 thoughts on “Me vs UK Student Visa”

  1. halo mas, salam kenal….. 🙂
    dokumen2 yang perlu diterjemahkan (selain transkrip dan ijasah), berarti akta kelahiran dan kartu keluarga ya? apakah penerjemahnya harus tertentu? dulu biayanya berapa?
    makasih banyak mas… 🙂

    1. Halo mbak,
      Kalau saya dulu cukup di penerjemah tersumpah, untuk biayanya saya sudah agak lupa, sekitar 50K IDR satu halamannya kalau tidak salah ingat.

      Semoga membantu mbak 🙂

  2. Terimakasih sharingnya. Dalam pembuatan visa dan booking tiket menggunakan jasa penerbangan apa ? apakah memakai jasa travel juga seperti Anta tour dll? atau hanya mengurus sendiri?.

    1. Untuk booking tiket jasa travel apapun bisa, atau bisa langsung ke kantor sales maskapainya bisa coba Qatar airways, Emirates atau KLM, yang penting dpt tiket nya.

      Jika anda mahasiswa, silahkan tanya untuk student price, karena lumayan bedanya.

      1. Dalam pengurusan visa, fotocopy Kartu Keluarga dan Akte Kelahiran (Inggris & Indonesia) perlu dilegalisir. Legalisir nya dapat dilakukan di notaris publik yang mana saja atau perlu dilakukan oleh kemenkumham ?
        Kemudian, Apa SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) / SKKB diperlukan ?
        Terima kasih

      2. Kalau saya kemarin, Akte kelahiran dilegalisir di kabupaten sedangkan kartu keluarga di penerjemah tersumpah. SKCK saya lupa, tapi bisa saja ditambahkan juga.

  3. Halo mas, salam kenal 😀
    saya mau tanya tentang penerjemah tersumpah, maksudnya apa ya mas?
    mungkin boleh tahu domisilinya mas nauval dimana?
    terimakasih

    1. Halo Irum, penerjemah tersumpah biasanya dipakai untuk menerjemahkan dokumen-dokumen untuk keperluan-keperluan resmi. Dulu saya menerjemahkan dokumen-dokumen untuk visa di Batam. Mestinya hampir di setiap kota ada kok, apalagi kota-kota besar.

      semoga membantu.

  4. mau tanya kalo legalisir nya boleh di notaris gak ya? atau harus di dephukham&deplu?
    legalisir di kabupaten maksudnya apa ya? di notaris?

    1. kalau di notaris saya kurang tahu, sepertinya di depkumham & deplu juga bisa. dulu kalo ga salah minta legalisir ke kantor kabupaten tempat akte saya dibuat, karena saya tidak berada di jakarta. semoga membantu

  5. Hi Mas, Form appendix 8 yang dimaksud itu bisa didapatkan dimana yah?? kok saya nyari di website UK tp ga’ dapat2 yah :(.. please help.. 🙂

  6. Salam kenal Nauval, nice posting. Sangat berguna sekali buat yang mau ngurus VISA studi ke UK. Anyway, saya coba cari beberapa referensi tidak ada yang menyertakan akta lahir dan kartu keluarga. Apakah kedua dokumen ini dibutuhkan untuk kondisi pembiayaan oleh orang tua saja? Jika mendapatkan scholarship tidak perlu dokumen tersebut?

    1. Halo, iya memang, saya dapat list itu dari salah satu agen yang biasa mengurus visa studi UK, untuk kegunaannya sebenarnya saya kurang tahu, mungkin hanya sebagai pelengkap saja. Sebenarnya kalau semua dokument yang diminta (di form aplikasi) sudah ada, sepertinya sudah cukup

  7. Mas, mau nanya.. Itu tiket pesawatnya apakah tiket pulang-pergi, atau tiket berangkat saja? Terima kasih sebelumnya.

  8. Hi, aku mo tanya dong. Saya dengar dari temen-temen saya yang baru bikin student visa semuanya harus diinterview dulu. Memang aturan baru atau gimana sih?

    1. Halo Cheryl, untuk interview setahu saya memang bisa ada namun tidak untuk semua applicant, hanya yang beruntung saja. Tapi mungkin saja aturannya berubah sekarang, silahkan cek web dari UKBA untuk lebih jelasnya.

      Semoga membantu

  9. mas nauval mau tanya visa nya akhirnya disetujui 3wk persis kira kira 15 hari kerja atau lebih ya? sy lg ajukan juga tp ini mepet.kira2 18-19 hari kerja sblm sy berangkat. cemas juga takut gak dapat on time.katanya trgantung season nya juga ya.peak atau off season.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: