memang beda ya …

Baru kali ini saya merasakan perbedaan budaya yang benar-benar terasa. Budaya ini bukan budaya kota Jakarta yang beda dari budaya Surabaya, tapi budaya yang ada di setiap kantor yang ada disini.  Dari budaya kantor yang bersifat kekeluargaan masuk ke kantor yang budayanya sangat dingin, bukan dingin-nya es loh, u know what i mean kan?.

Dan budaya akan sangat berpengaruh pada kinerja, jika sebuah perusahaan mempunyai budaya yang kondusif maka secara otomatis kinerja karyawan akan positif dan ujung-ujungnya akan meningkatkan revenue dari perusahaan, nah jika budaya yang dibangun dan dikembangkan “tidak sehat” hasilnya ya  sebaliknya, terjadi persaingan yang tidak sehat, komunikasi antar individu tidak lancar, teamwork kurang, turn over karyawan tinggi yang ujung-ujungnya juga menyebakan kinerja perusahaan juga terjadi akselerasi negatif, dan kayaknya ini banyak buktinya.

Nah terus gimana dong kalo lingkungan kerja kita punya budaya yang menurut kita “kurang” kondusif. Hmmm … menurut saya ada 3 opsi menurut saya dalam menghadapi masalah semacam ini:

  • Opsi satu, mencoba membuat perubahan, kalau anda merasa tidak nyaman dengan kondisi budaya lingkungan anda, maka tak ada salahnya kan jika anda berusaha merubah lingkungan anda menjadi lebih baik bagi anda dan orang-orang disekitar anda. Perubahan ini tidak melulu perubahan yang drastis dan massive, namun bisa dimulai dari beberapa perubahan-perubahan kecil yang dimulai dari diri anda.
  • Opsi dua, ya … pertahankan status quo, let it the way it it is, kalau anda emang nyaman dengan keadaan lingkungan anda sekarang.
  • Opsi tiga, jika anda tidak punya kekuatan untuk memulai perubahan namun anda tidak tahan dengan status quo, maka lebih baik anda mencari linkungan baru yang sesuai dengan anda.

Bagaimana dengan anda?

Pilih opsi mana? ataukah punya opsi yang lain?

Advertisement

7 thoughts on “memang beda ya …”

  1. @ sanny : kalo tempatku sih ok2 saja, itu di kantor yang lain …

    yup … pandanglah semua dari sisi yang berbeda dan positif untuk anda dan lingkungan anda

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: